Minggu, 30 Desember 2012

TUGAS


 Usaha Manusia dalam Mempertahankan Keindahan dalam Bahasa Daerah yang Terdapat di Indonesia

Pengertian Bahasa
Bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut dengan linguistik. Hal yang tidak mungkin untuk mengetahui secara tepat berapa banyak bahasa yang ada di dunia, dan jumlahnya bergantung kepada suatu perubahan sembarang antara perbedaan bahasa dan dialek. Namun, perkiraan beragam antara sekitar 6.000-7.000 bahasa. Bahasa alami adalah bicara atau bahasa isyarat, tapi setiap bahasa dapat disandikan ke dalam media kedua menggunakan auditori, visual atau taktil stimuli, sebagai contoh dalam tulisan grafis, braille, atau siulan. Hal ini karena bahasa manusia adalah modalitas-independen. Bila digunakan sebagai konsep umum, "bahasa" bisa mengacu pada kemampuan kognitifuntuk dapat belajar dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau untuk menjelaskan sekumpulan aturan yang membentuk sistem tersebut, atau sekumpulan pengucapan yang dapat dihasilkan dari aturan-aturan tersebut.
Bahasa Jawa (bahasa Jawa: basa Jawa aksara Jawa: ꦧꦱꦗꦮ) adalah bahasa yang digunakan penduduk suku bangsa Jawa di Jawa Tengah,Yogyakarta & Jawa Timur. Selain itu, Bahasa Jawa juga digunakan oleh penduduk yang tinggal beberapa daerah lain seperti di Banten terutama kota Serang, kabupaten Serang, kota Cilegon dan kabupaten Tangerang, Jawa Barat khususnya kawasan Pantai utara terbentang dari pesisir utara Karawang, Subang, Indramayu, kota Cirebon dan kabupaten Cirebon.
Contoh
sebagian besar penghuni Jakarta itu sendiri bukanlah orang-orang asli Jakarta mayoritas dari berbagai daerah dari seluruh republik Indonesia, dari berbagai suku kebudayaan dan berbagai bahasa pula. seperti seorang mahasiswa yang pindah ke Jakarta dari dareah (jawa). dalam pergaulan dilingkungan kampus atau dilingkungan pergaulan orang ini menggunakan bahasa Indonesia, tetapi dilingkungan keluarga dia menggunakan bahasa daerahnya bukn hanya dilingkuangan keluarga dilingkungan sekitar rumahpun dia masih menggunakan bahasa daerah (jawa). kalopun dia bertemu dengan orang yang sama-sama berasal dari daerah yang sama dia juga menggunakan bahasa daerahnya. itulah contoh kecil dalam mempertahankan bahasa daerah khususnya dalam pembahasan ini bahasa jawa walaupun sudah tidak lagi berada diligkungan daerahnya.

Tanggapan
dalam hal ini bahasa daerah tak perlu dihilangkan walaupun anda semua bukan lagi berada didaerah tersebut, adakalanya bahasa daerah digunakan adakalanya juga tidak tergantung pemakaian dan tergantung orang yang kita temui. tetapi juga jangan sampai tak pernah digunakan sama sekali (dihilangkan) karena hal itu akan memusnahkan bahasa daerah itu. dari contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa melestarikan bahasa daerah itu perlu bukan lagi harus karena kita semua memiliki daerah asal dan bahkan memiliki kebudayaan yang melekat pada diri orang yang berasal dari daerah tersebut. untuk itu jangan pernah lupa akan asal daerah mu karena kalian bukanlah apa-apa bila tanpa daerah asalmu.



Sumber:
- http://id.wikipedia.org/Bahasa
- http://id.wikipedia.org/Bahasa-jawa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar