Ada banyak jenis majalah jika dikategorikan berdasarkan
pangsa pasarnya. Namun, secara garis besar, Rivers (1983: 5) membagi majalah ke
dalam empat jenis, yaitu:
1.
Mass Magazine
Mass
magazine mempunyai
oplah besar dan berusaha menjembatani khalayak dari berbagai latar belakang
melalui isinya yang bersifat umum.
2.
News Magazine
News
magazine memiliki
jumlah pembaca banyak dan mereka memiliki ketertarikan terhadap isu-isu
kontemporer.
3.
Class Magazine
Class
magazine secara
harfiah dapat diartikan sebagai ‘majalah berkelas’. Kualitas majalah dan
kontennya ditujukan bagi pembaca yang berpendidikan tinggi dan tertarik pada
urusan publik serta sastra. Meskipun jumlah pembacanya tidak terlalu banyak,
majalah jenis ini mempunyai pengaruh kuat karena menghadirkan opini dari para
pemimpin atau penguasa.
Specialized Magazine
Specialized Magazine
Seperti
namanya, specialized magazine menyajikan konten spesifik untuk pembaca
yang spesifik pula. Beberapa majalah jenis ini sudah terkenal dan memiliki
oplah yang cukup besar, sedangkan beberapa majalah lain kurang dikenal luas dan
bertiras kecil. Majalah jenis ini dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu:
· Business papers: Penerbitan berkala yang diterbitkan oleh lembaga
independen dan bersifat komersil. Informasi di dalamnya penting bagi bisnis,
industri, atau profesi tertentu.
· Company publications: Penerbitan berkala yang diterbitkan oleh firma/perusahaan
dan didistribusikan ke karyawan, pengecer, pelanggan, dan pemegang
saham.
·
Association journals: Mirip dengan business papers,
hanya saja association journals diterbitkan oleh asosiasi atau
organisasi tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar